Skip to main content

Contoh Kliping - Artikel Koran

Contoh kliping - artikel koran, teringat saat masih SMP dulu yang katanya masih unyu-unyu hehe.. saat pertama kali mendapatkan tugas untuk membuat kliping, bingung yah karena pertama kalinya, lagian dirumah juga gak berlangganan koran maklumlah hidup diperkampungan.

Pertama harus cari koran untuk membuat kliping, yup langsung menuju ketukang lowak cari koran dengan artikel yang kita tuju, misal tentang, bencana alam, ekonomi negara, seni budaya, tentang biologi, seni rupa, tentang kewirausahaan atau yang lainnya tentunya sesuai tugas yang kita emban dari guru kita.

Karena di loakan cari yang sesuai tema yang gak sesuai gak diambil jadi bisa mengurangi timbangan :D kemudian potong-potong itu artikel kemudian kita tempel dalam kertas hvs yang sudah dijilid, karena dulu belom mengenal print akhirnya cover kliping dibuat sejadi-jadinya dengna tulisan tangan :) eh kok jadi curhat. yuk serius sedikit.
contoh kliping bencana alam - contoh artikel koran
http://contohsimpel.blogspot.com/2014/08/contoh-kliping-artikel-koran.html
Mengerjakan kliping bisa dibilang gampang-gampang susah, sebab yang di butuhkan adalah ketekunan untuk mencari sumber berita di koran. Misal membuat kliping tentang kisah seorang pengusaha sukses. Contoh kliping cerita pengusaha sukses dapat digunakan untuk memotivasi siswa agar mencontoh kisah hidup para pengusaha-pengusaha tersebut.

Sayangnya, terkadang siswa dalam membuat kliping hanya sekedar potong berita kemudian menempelkannya secara sembarangan. Sebenarnya ada beberapa cara membuat kliping yang baik dan benar, supaya kliping yang kita buat menjadi lebih baik dan mudah dipahami saat di baca orang lain.

Langkah-langkah Membuat Kliping

Berikut adalah cara membuat kliping :

Siapkan kertas yang tidak terlalu tebal ataupun tipis, agar saat di lakukan pengeleman, kertas tak mudah robek. Misal sebuah buku gambar atau kertas HVS.

Cari berita di koran atau bisa juga menggunakan majalah yang disesuaikan dengan tema dari kliping yang akan Anda buat. Kita ambil contoh tema pengusaha sukses asal Indonesia. Kategorikan menjadi berbagai  jenis usaha apa saja yang di tekuni. Misal usaha telekomunikasi, usaha kuliner, usaha pertambangan,lain sebagainya.

Gunting dengan rapi kemudian pisahkan berdasarkan kategori abjad atau usaha yang telah berhasil diraih oleh pengusaha.

Oles dengan lem yang rapi, jangan terlalu banyak karena akan membuat kertas menjadi keriting atau bergelombang dan menjadi tidak menarik.

Buat garis tepi dikertas dasar yang jadi media kliping. Ini agar kliping terlihat rapi dan enak dipandang.

Buat cover yang baik sesuai tema dengan mengambil gambar dari internet atau koran.

Jangan lupa untuk memberi halaman dibagian bawah kertas, agar pembaca mudah dalam mencari berita.

Buatlah daftar isi, agar kliping lebih lengkap.

Demikian contoh pembuatan kliping yang bisa admin berikan untuk contoh kliping yang sudah jadi admin rasa tidak perlu karena dari langkah-langkah diatas tentunya anda sudah memiliki gambaran seperti apa kliping itu, iya kan ? semoga bermanfaat dan selamat menyelesaikan tugas membuat klipingnya.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba