Friday, August 29, 2014

Contoh Kliping - Artikel Koran

Contoh kliping - artikel koran, teringat saat masih SMP dulu yang katanya masih unyu-unyu hehe.. saat pertama kali mendapatkan tugas untuk membuat kliping, bingung yah karena pertama kalinya, lagian dirumah juga gak berlangganan koran maklumlah hidup diperkampungan.

Pertama harus cari koran untuk membuat kliping, yup langsung menuju ketukang lowak cari koran dengan artikel yang kita tuju, misal tentang, bencana alam, ekonomi negara, seni budaya, tentang biologi, seni rupa, tentang kewirausahaan atau yang lainnya tentunya sesuai tugas yang kita emban dari guru kita.

Karena di loakan cari yang sesuai tema yang gak sesuai gak diambil jadi bisa mengurangi timbangan :D kemudian potong-potong itu artikel kemudian kita tempel dalam kertas hvs yang sudah dijilid, karena dulu belom mengenal print akhirnya cover kliping dibuat sejadi-jadinya dengna tulisan tangan :) eh kok jadi curhat. yuk serius sedikit.
contoh kliping bencana alam - contoh artikel koran
http://contohsimpel.blogspot.com/2014/08/contoh-kliping-artikel-koran.html
Mengerjakan kliping bisa dibilang gampang-gampang susah, sebab yang di butuhkan adalah ketekunan untuk mencari sumber berita di koran. Misal membuat kliping tentang kisah seorang pengusaha sukses. Contoh kliping cerita pengusaha sukses dapat digunakan untuk memotivasi siswa agar mencontoh kisah hidup para pengusaha-pengusaha tersebut.

Sayangnya, terkadang siswa dalam membuat kliping hanya sekedar potong berita kemudian menempelkannya secara sembarangan. Sebenarnya ada beberapa cara membuat kliping yang baik dan benar, supaya kliping yang kita buat menjadi lebih baik dan mudah dipahami saat di baca orang lain.

Langkah-langkah Membuat Kliping

Berikut adalah cara membuat kliping :

Siapkan kertas yang tidak terlalu tebal ataupun tipis, agar saat di lakukan pengeleman, kertas tak mudah robek. Misal sebuah buku gambar atau kertas HVS.

Cari berita di koran atau bisa juga menggunakan majalah yang disesuaikan dengan tema dari kliping yang akan Anda buat. Kita ambil contoh tema pengusaha sukses asal Indonesia. Kategorikan menjadi berbagai  jenis usaha apa saja yang di tekuni. Misal usaha telekomunikasi, usaha kuliner, usaha pertambangan,lain sebagainya.

Gunting dengan rapi kemudian pisahkan berdasarkan kategori abjad atau usaha yang telah berhasil diraih oleh pengusaha.

Oles dengan lem yang rapi, jangan terlalu banyak karena akan membuat kertas menjadi keriting atau bergelombang dan menjadi tidak menarik.

Buat garis tepi dikertas dasar yang jadi media kliping. Ini agar kliping terlihat rapi dan enak dipandang.

Buat cover yang baik sesuai tema dengan mengambil gambar dari internet atau koran.

Jangan lupa untuk memberi halaman dibagian bawah kertas, agar pembaca mudah dalam mencari berita.

Buatlah daftar isi, agar kliping lebih lengkap.

Demikian contoh pembuatan kliping yang bisa admin berikan untuk contoh kliping yang sudah jadi admin rasa tidak perlu karena dari langkah-langkah diatas tentunya anda sudah memiliki gambaran seperti apa kliping itu, iya kan ? semoga bermanfaat dan selamat menyelesaikan tugas membuat klipingnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Kliping - Artikel Koran

2 comments: