Monday, November 10, 2014

contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah

Sebelum menginjak mengenai Contoh Pelanggaran di sekolah, alangkah baiknya menelusuri dari, Apa itu HAM dan bagaimana pasal-pasalnya, Menurut Pasal 1 Angka 6 No. 39 Tahun 1999 yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi manusia setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

contoh pelanggaran ham di sekolah beserta gambarnya

Hampir dapat dilihat dalam lingkungan sekitar kita tentang pelanggaran hak asasi manusia, baik di Indonesia maupun di negara lain. Pelanggaranbisa dilakukan oleh siapa saja tidak pemerintah maupun masyarakat biasa.

Pelanggaran HAM ada dua kategori, yaitu :

a. Kasus pelanggaran HAM yang bersifat berat, diantaranya :

Pembunuhan masal (genisida), Pembunuhan sewenang-wenang, Penghilangan orang secara paksa,   Penyiksaan,  Perbudakan atau diskriminasi

b. Kasus pelanggaran HAM yang biasa, diantarnya:
Pemukulan, Pencemaran nama baik, Penganiayaan, Menghalangi orang untuk mengekspresikan pendapatnya,

Akan tetapi didalam admin ini mencoba memaparkan tentang Contoh Pelanggaran HAM di sekolah. Sekolah merupakan lingkungan kedua setelah lingkungan keluarga yang akan membentuk sikap, karakter perilaku dan kepribadian seorang anak, selain pengembangan ilmu pengetahuan. lingkungan sekolah hampir sam dengan lingkungan keluarga karena didalam lingkungan keluarga ketika mengajarkan kepada anaknya paling tidak deiberi sansi agar tidak mengulangi kesalahnnya lagi, begitu juga dengan lingkungan sekolah. akan tetapi terkadng hukuman tersebut tidak disadari oleh anak didik yang termasuk penggaran HAM si anak.

akan tetapi pihak sekolah atau pendidik merasa kebingungan ketika harus memberi peringatan terhadap siswa yang tidak bisa ditolerir, dan sudah ketelaluan sehingga mengakibatkan seorang guru menghukum lebih dari yang dia kira.

Berikut contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah

  1.     Guru yang memberikan sanksi dan atau hukuman kepada anak didiknya secara fisik (dijewer, ditendang, dicubit, disetrap di depan kelas ataupun dijemur di lapangan).
  2.     Guru membeda-bedakan siswanya di sekolah (berdasarkan kepintaran, kekayaan, atau perilakunya).
  3.     Siswa menghina/ mengejek, mencemooh siswa yang lain.
  4.     Siswa memalak, mengompas atau menganiaya temannya
  5.     Siswa tawuran antar pelajar baik dengan teman-teman satu sekolah atau dengan siswa lain sekolah.
Demikian contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah yang bisa admin sajikan, semoga bermanfaat dan di negarat tercinta kita indonesia raya tidak lagi terjadi kasus-kasus pelanggaran HAM karena kita sama, satu darah merah dan satu tulang putih yang bersatu dalam kibaran kemerdekaan. amiin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : contoh pelanggaran HAM di lingkungan sekolah

0 comments:

Post a Comment