Thursday, November 20, 2014

Contoh Sejarah Pelanggaran HAM di Indonesia

Contoh pelanggaran HAM di Indonesia,  hak asasi manusia kepanjangan dari HAM, merupakan hak dasar yang dipunyai setiap warga negara dari Sejak lahir, sampai akhir hanyat dan juga merupakan anugerah dari Tuhan YME. HAM dalam lingkup masyarakat, tentunya kita harus saling menghormati dan menghargai hak orang lain, baik dari segi Agama maupun yang lainnya. akan tetapi pada kenyataanya banyak terjadi pelanggaran-pelanggran tersebut. Bangsa Indonesia pada waktu zaman jepang merupakan salah satunya, kita dijajah  Selain itu juga banyak contoh lain yang makin marak setelah negeri ini merdeka.dan dirampas hak-hak setiap warga. diawah ini merupakan Contoh Pelanggaran HAM di Indonesia setelah zaman penjajahan..

contoh pelanggaran ham di indonesia beserta gambarnya
1. Kasus Marsinah
Kasus yang pertama yaitu kasus Marsinah yang terjadi sudah 21 tahun silam sekitar tanggal 3 Mei. awal mula aksi mogok yang di lakukan oleh Marsinah dan juga para buruh PT CPS. Mereka menuntut kepastian terhadap perusahaan tempat ia bekerja yang telah melakukan PHK kepada karyawannya tanpa alasan. setelah demo itu, 5 hari kemudian Marsinah ditemukan tewas didaerah hutan Wilangan, Nganjuk dalam kondisi yang cukup mengenaskan. Penyelidikan sampai sekarang masih belum menemukan jalan temu kasus tersebut hingga sekarang.

2. Aksi Bom Bali
pada tahun 2002 Peristiwa ini merupakan aksi terbesar yang ada di Indonesia oleh kelompok terorisme. terjadi di kawasan Legian Kuta, Bali dampak dan akibat kejadian ini, orang meninggal sebanyak 202 , mulai dari warga lokal dan turis asing yang ada di sekitar lokasi. kepanikan dan was-was dari akibat tindakan terosris ini berdampak sampai seluruh Nusantara. dan yang lebih parahnya lagi tindakan dan peristiwa ini mengakibatkan dan memicu para terois untuk melakukan hal yang sama yaitu bom bunuh diri.

3. Peristiwa Tanjung Priok
 kejadian ini timbul ketika warga melakukan demonstrasi dan orasi pada pemerintah dan aparat yang akan melakukan pemindahan makam keramat Mbah Priok. Para warga yang menolak dan marah atas tindakan pemerintah mengenai makam tersebut dan kemudian hari semua warga melakukan unjuk rasa, dari demo tersebut terjadi bentrok fisik antara warga dengan anggota TNI dan polisi, sehingga mengakibatkan banyak warga yang luka-luka, bahkan kematianpun terjadi.

4. Kasus Pembunuhan Munir
dari dulu hingga sekarang, kasus pembunuhan Munir masih belum menemukan titik terang. sosok Munir adalah seorang aktivis mahasiswa yang banyak memperjuangkan HAM. KETIKA Munir hendak ke kota Amsterdam, Belanda, didalam perjalanan yang saat itu ia berada di pesawat terbang, ditemukan sudah meninggal saat dia masih duduk dan kejadian tersebut  membuat gempar seluruh Indonesia. Banyak anggapan   bermunculan jika Munir tewas diracun saat dalam perjalanan. Beberapa saksi tidak memberi keterangan yang pasti hingga akhirnya penyelidikan dihentikan dan belum menenemukan titik terang.

Demikian keempat kasus contoh pelanggaran Ham yang pernah terjadi di indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Sejarah Pelanggaran HAM di Indonesia

0 comments:

Post a Comment