Monday, October 13, 2014

Contoh simpel memulai bisnis sendiri

Contoh bisnis sebenarnya sudah pernah kalian lihat karena sebuah bisnis pasti tumbuh tak jauh dari tempat kalian berdiri sekarang. Banyak contoh bisnis kecil yang bisa kalian tiru, yang terpenting kalian sudah tau bagaimana alur dari bisnis tersebut.

Contoh-contoh bisnis yang kita liat seringkali membuat kita tergiur ingin melakukannya karena kita tergiur dengan hasil yang didapat, rasa ingin mencoba contoh bisnis usaha yang kita lihat saya sarankan jangan sampai membuat anda tergesa-gesa untuk segera membangun bisnis tersebut tanpa riset terlebih dahulu.

Pilihlah contoh bisnis sampingan yang menurut anda mampu untuk dijalankan, karena akan percuma jika kalian hanya sekilas saja dalam melihat contoh bisnis sukses rekan atau tetangga anda. Seperti yang sudah kita singgung tadi riset dari sebuah bisnis yang akan kalian jalankan harus dilakukan untuk mengetahui segala kendala yang mungkin terjadi sehingga suatu saat kendala itu datang kalian bisa mengatasinya.
contoh bisnis sampingan

Mengasah kemampuan dalam bidang bisnis yang kalian pilih juga tidak kalah penting, jika kalian benar-benar awan dalam bidang bisnis yang akan kalian tekuni sebaiknya urungkan dulu lebih baik relakan waktu kalian untuk belajar bisnis tersebut, misalnya dengan menjadi pekerja atau karyawan dalam sebuah bisnis yang akan kalian jalani nantinya.

Menjadi pekerja/karyawan tidak ada jeleknya karena dari situ kalian bisa menggali apa-apa yang harus kalian kuasi, kalian juga sudah pernah membantu menyelesaikan sebuah problem yang menghantam bisnis tersebut. selain itu kalian juga akan mendapat kenalan dengan orang-orang yang bergerak didalamnya dan mungkin kalian juga bisa mengenal costumer dari bisnis tersebut.

Contoh saja bisnis makanan, dalam bisnis makanan tentunya akan ada pilar penting yang harus kalian kuasai.

1. produksi
jika kalian memilih untuk memproduksi sendiri makanan tersebut pilar ini akan menjadi sangat penting lain lagi jika kalian hanya akan menjadi reseller dari produk makanan orang lain. Produk yang akan kalian jual harusnya punya nilai tamba jika produk itu sudah umum, misal saja anda akan memproduksi roti jika sudah ada roti coklat setidaknya kalian harus libih kreatif misal saja anda memproduksi roti coklat keju.

2. Pemasaran
Dalam pemasaran tentunya kalian harus tau lebih dulu siapa konsumen kalian karena dengan tau siapa konsumen yang akan kalian tuju kalian dapat menyesuaikan tipe produk yang akan kalian buat. Tentunya akan berbeda dong roti yang dijajakan disupermarket dengan di toko-toko kecil pinggiran jalan.

Dua pilar yang saling berhubung tersebut harus anda siapkan matang-matang jika kalian ingin mempunyai bisnis yang berkembang, jangan takut dengan resiko kegagalan yang menghantui karena tidak ada bisnis yang tidak beresiko semuanya pasti mempunyai resiko tinggal bagaimana cara kita memperkecil resiko yang akan dialami dalam sebuah bisnis.

Demikian sedikit uraian contoh simpel bagaimana memulai sebuah bisnis, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh simpel memulai bisnis sendiri

0 comments:

Post a Comment