Skip to main content

Contoh Resensi Cerpen "Cerdas Berkat Video-Game"

Meski sudah banyak contoh resensi cerpen yang berterbangan di internet tapi tidak mengurungkan admin untuk posting tentang resensi cerpen, resensi juga berhubungan dengan gaya bahasa yang akan disampaikan dalam resensi tersebut meskipun cerpen yang diulas sama bukan berarti akan menghasilkan gaya bahasa yang sama pula.

Buat yang ingin belajar bagaimana cara untuk meresensi mungkin contoh resensi dari cerpen cerdas berkat video game beriku dapat dijadikan sebagai acuan kalian untuk belajar lebih jauh, berikut contoh resensi cerpennya :

Judul          : Rahasia Skor Video-Game
Pengarang : M. Master



Hawkeye dan Amy penduduk Likewood Hills. Mereka berdua bersahabat dari kecil dan bersama-sama menumpas kecurangan sepupu Amy, Toni Jane Adams, dalam bermain video game. Toni membuat seribu alasan untuk tidak ikut membersihkan kebun neneknya. Kemudian ia berlatih keras main video game dengan mencurangi skor-skor yang telah ada.

Tindakan Toni ini dipicu oleh rasa irinya pada Amy dan Hawkeye yang peringkat dua dalam video game, sedangkan dia hanya peringkat ketujuh. Perbuatan Toni dilacak Amy dan Hawkeye dan memutuskan bahwa Tonilah yang harus bertanggungjawab dalam pengrusakan skore video game tersebutu. Tetapi kasus-kasus lain menunggu setelah kasus curangnya Toni tersebut.
Peristiwa yang menggemparkan Likewood Hills pun dapat mereka pecahkan. Misalnya, misteri penculikan di sirkus, kasusapidana yang kabur, misteri maling yang gesit, misteri surat-surat Hawkeye, dan lainnya. Tindakan kedua detektif ini mendapatkan acungan dari pihak kepolisian dan seluruh penduduk Likewood Hills.
contoh resensi cerpen rahasia skor video game
Video-Game yang selama ini banyak dikenal orang merupakan salah satu permainan digital yang banyak memberi dampak negatif daripada dampak positif bagi anak-anak. Misalnya anak akan menjadi malas belajar, melalaikan kewajiban beribadah shalat, suka bolos sekolah, pamit dengan orang tua berangkat ke sekolah tahunya malah nongkrong di tempat-tempat yang menyediakan permainan video-game.

Permainan ini biasanya konsumsi bagi mereka yang umunya tinggal di daerah yang kental dengan budaya modern. Misalnya desa yang letaknya mendekati kota. Karena video-game ini maskot kecanggihan teknologi game orang-orang kota.

Selain mudah menemukannya, harganya pun terjangkau. Hanya dengan menggunakan beberapa koin anak-anak bisa main sampai beberapa menit. Karena yang ditawarkan video-game variatif, tak jarang mereka tersugestif sampai betah berjam-jam bahkan seharian penuh memelototi layar televisi video-game tersebut.

Namun, ternyata di balik kenegatifan tersebut tersimpan pula hal-hal positif yang bisa diambil. Buku M. Master yang judul aslinya “Hawkeye Collins & Amy Adams in: The Secret of Video Game Scores & Other Mysteries” menyingkap sisi baik video game bagi perkembangan penalaran seorang anak. Buku ini dapat dinikmati anak-anak Indonesia dengan judul terjemahan “Hawkeye Collins & Amy Adams dalam: Rahasia Skor Video Game & Kasus-Kasus Lain”.

 Buku yang ditawarkan pengarang sangat menarik. Selain ada gambar si tokoh Hawkeye dan Amy, disuguhkan pula peta kota Likewood Hills tempat peristiwa dimana akan muncul kasus-kasus besar yang mereka selesaikan. Uniknya lagi, buku setebal 120 halaman ini membacanya tidak dengan cara membaca biasa. Melainkan memakai alat bantu cermin. Karena huruf  yang ada dicetak terbalik dengan huruf lazimnya.

Hal ini dapat memacu kecerdasan seorang anak untuk berusaha mengetahui jawaban-jawaban yang dirahasiakan melalui huruf-huruf yang dicetak terbalik. Bahasa yang digunakan pengarang mampu membuat seorang anak ingin meneruskan membaca hingga tamat. Karena pemakaian kata-katanya memang dikhususkan bagi anak. Terutama yang berusia sepuluh tahunan.
Buku ini dapat membantu anak bernalar dalam bertindak untuk memutuskan mana yang baik dan jahat serta cara menyikapinya. Kemudian cerita dalam buku ini membuat mereka kreatif dalam menggunakan logikanya.

Hanya saja pengarang kurang memperhatikan segi pendeskriptifan cerita dalam bentu naratif. Maksudnya adalah penceritaan sedikit tidak lengkap. Banyak sekali hal penting yang seharusnya ada menjadi ditiadakan.

Meskipun begitu penulis salut terhadap karya pengarang ini. Jarang sekali ada karya sastra khususnya novel, yang mengangkat tema anak tanpa melibatkan adegan-adegan saru. Sperti dalam komik-komik yang bertemakan anak kecil tapi mengandung unsur-unsur percintaan orang dewasa yang disertai adegan-adegan yang dilakukannya.

Semoga buku ini dapat menjadi teladan bagi yang membacanya, dan supaya ada lagi pengarang-pengarang yang membuat karya minimal demikian. Para orang tau juga akan lebih baiknya jika selalu mengawasi apa yang menjadi konsumsi baca anak-anaknya. Suguhkan hal-hal yang pisitif melalui filterisasi yang ketat. Karena kita tentu tidak mau anak kita menjadi orang yang salah asuhan ketika dewasanya.

Demikian resensi cerpen yang bisa admin bagikan untuk kalian semoga bermanfaat. terimakasih sudah membaca contoh resensi cerpen cerdas berkat video game

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba