Skip to main content

Contoh Wacana Argumentasi, eksposisi, dan narasi

Contoh Wacana Argumentasi, eksposisi, dan narasi seerti biasanya sebelum membedah ontoh-contohnya kita akan ulas duu mengenai wacana, argumentasi, eksposisi, narasi dan lain sebagainya agar mudah dalam pemahamannya nanti.

Wacana ? Dalam KBBI wacana diartikan sebagai : Keseluruhan tutur yang merupakan suatu kesatuan ;
Komunikasi verbal ; percakapan ; dan masih ada beberapa arti lagi tapi tidak admin cantumkan.
Contoh Wacana Argumentasi, Contoh eksposisi, dan Contoh narasi

Pengertian wacana ?

Menurut J.S. Badudu (2000) wacana diartikan sebagai rentetan kalimat yang berkaitan dengan, yang menghubungkan proposisi yang satu dengan proposisi yang lainnya, membentuk satu kesatuan, sehingga terbentuklah makna yang serasi diantara kalimat-kalimat itu.

kiranya cukup memberikan penjelasan dari uraian diatas mengenai apa itu arti dari wacana, sebelum menginjak contoh wacana argumentasi mari kita bahas apa itu wacana argumentasi.

Wacana argumentasi

Wacana argumentasi adalah wacana yg bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar bisa menerima pendapat, ide, ataupun pernyataan yang dikemukakan oleh penulisnya. Untuk memperkuat pendapat atau idenya itu, penulis wacana argumentasi biasanya menyertakan data-data pendukung. Tujuannya, agar pembaca menjadi semakin yakin atas kebenaran yang telah disampaikan penulis.

Contoh wacana argumentasi

Berikut sedikit contoh kutipan wacana argumentasi

Menyetop bola menggunakan  dada dan kaki dapat ia lakukan dengan sempurna. Tembakan kaki kanan serta kaki kirinya tepat dan keras. Sundulan yang dihasilkan dari kepalanya sering memperdaya kiper lawan. Bola seolah-olah menurut kehendak dirinya. Larinya sangat cepat bagaikan kijang. Menjadikan lawan sukar mengambil bola diantara kakinya. Operan bolanya akurat dan terarah. Amin benar-benar pemain bola profesional.
Tujuan yang ingin di capai melalui argumentasi tersebut, antara lain :

  • Melontarkan pandangan / pendirian
  • Mendorong atau mencegah
  • Mengubah tingkah laku pembaca
  • Menarik simpati

Contoh lainnya seperti laporan penelitian ilmiah, karya tulis dsb.

Wacana Eksposisi

Apa itu eksposisi ? Eksposisi merupakan salah satu jenis pengembangan sebuah paragraf dalam penulisan dimana didalam isinya ditulis dengan tujuan menjelaskan ataupun memberikan pengertian dengan gaya bahasa / penYang Kedua bagi American Airlines

Contoh Wacana Eksposisi

Jatuhnya sebuah pesawat berkapasitas 266 penumpang air bus A300- 600 merupakan peristiwa kedua kalinya bagi American Air lines beberapa detik saat lepas landas dari bandara internasional O’Hare Chicago, tiba-tiba mesin sebelah kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa lagi mengendalikan pesawat akibat keseimbangan dari pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin yang berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkiran kendaraan 31 detik kemudian dan 271 penumpang plus awak tewas ditempat. 

Sumber: Kompas, 15 November 2001 tulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Wacana Narasi

Wacana Narasi merupakan salah satu jenis wacana yang mengisahkan /  menceritakan sesuatu peristiwa secara runtut atau berurutan berdasarkan kejadiannya. Wacana jenis ini tidak bermaksud untuk mempengaruhi pembaca melainkan hanya menceritakan sebuah kejadian yang telah dialami, disaksikan,  dan didengar oleh penulisnya. Narasi dapat bersifat fakta bahkan fiksi. Narasi yang bersifat fiksi diantaranya cerpen dan novel sedangkan narasi yang bersifat fakta, antara lain biografi dan autobiografi.

untuk contoh wacana narasi lihat disini

sekian artikel dari contohsimpel.blogspot.com semoga bermanfaat. Contoh Wacana Argumentasi, eksposisi, dan narasi

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba