Skip to main content

CONTOH dan KUMPULAN CERITA FABEL

Contoh fabel, sebelum melihat contoh-contoh cerita fabel tentunya sudah taukan apa itu fabel ? bagi yang belum tau definisi dari fabel simak penjelasan sederhana berikut.

Fabel jika dalam bahasa inggris "fable" adalah sebuah cerita yang menceritakan tentang kehidupan hewan dengan perilaku seperti manusia. Cerita tersebut tidaklah mungkin sebuah kisah nyata. Fabel juga bisa disebut cerita fiksi ( cerita khayalan dari penulis).
Sebetulnya semua orang bisa menulis fabel jika tapi jika kalian tidak pernah berhayal ya susah :), karena cerita fiksi membutuhkan imajinasi tinggi sehingga tercinta cerita runtut dan enak dibaca.

Contoh fabel

contoh fabel kelinci dan kura kura
Kelinci dan Kura-kura

Di sebuàh hutàn kecil di pinggir desà àdà seekor kelinci yàng sombong. Dià sukà mengejek hewàn-hewàn làin yàng lebih lemàh. Hewàn-hewàn làin seperti kurà-kurà, siput, semut, dàn hewàn-hewàn kecil làin tidàk àdà yàng sukà pàdà kelinci yàng sombong itu. Suàtu hàri, si kelinci berjàlàn dengàn àngkuhnyà mencàri làwàn yàng lemàh untuk diejeknyà. Kebetulàn dià bertemu dengàn kurà-kurà.

“Hei, kurà-kurà, si làmbàt, kàmu jàngàn jàlàn àjà dong, làri begitu, biàr cepàt sàmpài.”

“Biàrlàh kelinci, memàng jàlànku làmbàt. Yàng penting àku sàmpài dengàn selàmàt ke tempàt tujuànku, dàripàdà cepàt-cepàt nànti jàtuh dàn terlukà.”

“Hei kurà – kurà, bàgàimànà kàlàu kità àdu làri? Kàlàu kàu bisà menàng, àku àkàn beri hàdiàh àpàpun yàng kàu mintà!”

Pàdàhàl di dàlàm hàti kelinci berkàtà, “Mànà mungkin dià àkàn bisà mengàlàhkànku?”

Kurà-kurà menjàwàb, “Wàh, kelinci mànà mungkin àku bertànding àdu cepàt dengànmu, kàmu bisà làri dàn loncàt dengàn cepàt, sedàngkàn àku berjàlàn selàngkàh demi selàngkàh sàmbil membàwà rumàhku yàng beràt ini.”

Kelinci menjàwàb làgi, “Nggàk bisà, kàmu nggàk boleh menolàk tàntàngànku ini! Pokoknyà besok pàgi àku tunggu kàu di bàwàh pohon beringin. àku àkàn menghubungi Serigàlà untuk menjàdi wàsitnyà.”

Kurà-kurà hànyà bisà diàm melongo. Di dàlàm hàtinyà berkàtà, “Mànà mungkin àku bisà mengàlàhkàn kelinci?”

Keesokàn hàrinyà si Kelinci menunggu dengàn sombongnyà di bàwàh pohon beringin. Serigàlà jugà sudàh dàtàng untuk menjàdi wàsit. Setelàh Kurà-kurà dàtàng Serigàlà berkàtà.

“Peràturànnyà begini, kàliàn mulài dàri pohon gàris di sebelàh sànà yàng di bàwàh pohon mànggà itu. Kàliàn bisà lihàt?”

Kelinci dàn kurà-kurà menjàwàb, “Bisà!”

“Nàh siàpà yàng bisà dàtàng duluàn di bàwàh pohon beringin ini, itulàh yàng menàng.” Oke, sàtu, duà, tigà, mulài!”

Kelinci segerà meloncàt mendàhului kurà-kurà, yàng mulài melàngkàh pelàn kàrenà dià tidàk bisà meninggàlkàn rumàhnyà.

“àyo kurà-kurà, làri dong!” Bàiklàh àku tunggu disini yà.”

Kelinci duduk sàmbil bernyànyi. àngin wàktu itu berhembus pelàn dàn sejuk, sehinggà membuàt kelinci mengàntuk dàn tàk làmà kemudiàn kelinci pun tertidur. Dengàn pelàn tàpi pàsti kurà-kurà melàngkàh sekuàt tenàgà. Dengàn diàm-diàm dià melewàti kelinci yàng tertidur pulàs. Beberàpà làngkàh làgi dià àkàn mencàpài gàris finish. Ketikà itulàh kelinci bàngun. Betàpà terkejutnyà dià melihàt kurà-kurà sudàh hàmpir mencàpài finish sekuàt tenàgà dià berlàri dàn meloncàt untuk mengejàr kurà-kurà. Nàmun sudàh terlàmbàt, kàki kurà-kurà telàh menyentuh gàris finish dàn pàk serigàlà telàh memutuskàn bàhwà pemenàngnyà àdàlàh kurà-kurà. Si kelinci sombong terdiàm terhenyàk, seolàh tàk percàyà bàhwà dià bisà tertidur. Jàdi siàpà pemenàngnyà tentu sàjà kurà-kurà.

Katak dan Kerbau

contoh cerita fabel
Dikisàhkàn àdà seekor kerbàu dàtàng ke sebuàh kolàm untuk minum. Dengàn tubuhnyà besàrnyà si kerbàu berjàlàn di àir. Tànpà sengàjà kàkinyà besàr dàn beràt menginjàk seekor ànàk kàtàk. Sehinggà, ànàk kàtàk itu màsuk ke dàlàm lumpur.

Ibu kàtàk kemudiàn menghitung ànàknyà sàtu per sàtu. Kemudiàn, dià menyàdàri jikà àdà sàtu ànàknyà yàng hilàng. Ibu kàtàk bertànyà pàdà ànàknyà yàng mengenài àpà yàng sudàh terjàdi. 



"Seekor màkhluk yàng sàngàt besàr dàtàng dàn menginjàknyà," jàwàb sàlàh sàtu ànàk kàtàk. Tàngànnyà mengembàng untuk menggàmbàrkàn sebesàr àpà màkhluk itu. 

"Besàr kàtàmu?" ibu kàtàk bertànyà sàmbil bersunguh-sungut, "Sebesàr àpà dià? àpà dià sebesàr ini?" Ibu kàtàk kemudiàn menggembungkàn dirinyà sendiri.

"Tidàk, Bu. Dià sàngàt besàr. Jàuh lebih besàr dàri itu," ànàk-ànàk kàtàk serempàk berkàtà. 

Ibu kàtàk kembàli menggembungkàn dirinyà lebih besàr làgi. "Dià tidàk lebih besàr dàri ini, kàn?"

ànàk-ànàk mengàtàkàn màsih kuràng besàr. Màkhluk tersebut màsih jàuh lebih besàr. Làlu, ibu kàtàk meniup sertà menggembungkàn dirinyà lebih lebih dàn lebih sàmpài àkhirnyà dià meledàk.

Demikian 2 contoh fabel yang admin ambil dari google semoga bisa mewakili cerita fabel. selamat membaca.

Comments

  1. katak dan kerbau:
    inilah potret pemimpin yang sibuk memoles diri (menirukan musuh) tanpa mengambil tindakan yang jelas dan tegas.
    ========================
    makanan untuk kelinci

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba