Skip to main content

contoh makalah psikologi kepribadian menurut para ahli

Contoh kali ini mengenai makalah psikologi tentang kepribadian, makalah merupakan hal yang wajib ditemui apabila anda menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik negri maupun swasta. Tugas untuk membuat makalah tentunya pernah diberikan oleh dosen Anda, entah mata kuliah apapun. Ada tugas makalah yang bertopik ekonomi, makalah bertopik sosiologi, makalah bertopik perpajakan dan lain sebagainya. Terkadang agak sulit untuk membuat makalah. Makanya contoh sangat dibutuhkan. Artikel ini akan sedikit memberikan contoh makalah psikologi kepribadian walau hanya langkah-langkah pembuatannya saja.
contoh makalah psikologi kepribadian

Psikologi

Contoh-contoh makalah Psikologi Kepribadian mulai banyak dapat kita temukan di banyak media. Pembahasannya dapat berisi tentang kepribadian yang dikaitkan pada tingkah laku tertentu atau makalah yang membahas satu kasus mengenai orang dengan kepribadian yang menyimpang. Misal saja, makalah tentang seseorang homoseksual dan juga seorang psikopat  seperti Ryan, sipembantai dari Jombang, yang telah menghilangkan nyawa beberapa orang dengan tangan dingin.

Makalah Psikologi tersebut dapat dimulai dengan latar belakang permasalahan yang ada, bisa membahas latar belakang Ryan kemudian bagaimana ia bisa mempunyai kepribadian menyimpang seperti itu. Walaupun katanya Ryan ini pernah ikut mengajar ngaji anak-anak yang ada dilingkungan rumahnya sendiri, ia ternyata mempunyai sifat sangat keji dalam menghilangkan nyawa korbannya. Bahkan anak kecil pun tega ia bunuh demi menguasai harta dari ibunya. Tentu saja hal ini sangat mencengangkan. Ryan benar-benar memiliki ciri-ciri sebgai seorang psikopat. Ia terlihat sangat tenang dan tidak menunjukkan kegelisahan walau dituntut dengan hukuman mati.

Lalu isi makalah dapat kita lanjutkan dengan membahas ciri" dari seorang psikopat secara ilmiah dan apa yang dapat membuat orang menjadi psikopat. Apakah ada pengaruh pola asuh atau ada pengaruh dari lingkungan/masyarakat setempat. Dukung pernyataan disertai dengan referensi yang lebih akurat dari pernyataan para ahli. Selanjutnya, makalah itu dapat membahas tentang apa yang dapat dilakukan untuk membantu Ryan atau psikopat lainnya agar dapat hidup normal kembali.


Kalau memiliki cukup data, bisa juga dibahas tentang keterkaitan kelainan dengan tingkah laku psikopat Ryan. Buktikan apakah benar bahwasannya para homoseksual biasanya adalah orang yang sangat posesif dan sangat pencemburu sehingga ia dapat dengan keji membunuh kekasihnya yang melakukan perselingkuhan atau kekasihnya yang mengkhianati cintanya. Tentu saja sebelum kita membuat suatu pernyataan, bukti empiris dari lapangan paling tidak harus dimiliki terlebih dulu.

Pembahasan ini tentu saja menarik karena Noval, pasangan homo Ryan, akhirnya milih untuk bertaubat dan berusaha keras untuk menjadi seorang laki-laki sejati. Malah terdengar kabar jika laki-laki berbadan tegap berkulit terang ini mempunyai kekasih seorang wanita dan mereka akan melangsngkan pernikahan. Ia ingin melupakan masa lalunya dan tidak mau mengenal Ryan lagi.

Banyak tenaga kerja wanita Indonesia menjadi lesbian kemudian menikah di sana. Fenomena ini amat sangat mencengangkan sekaligus memprihatinkan. Bila banyak makalah Psikologi yang dapt membahas permasalahan ini, diharapkan dapt memberikan masukan kepada khalayak banyak betapa mengerikannya pengaruh sebuah lingkungan terhadap kepribadian. Diharapkan orang tua akan berhati-hati dalam menjaga pergaulan dari anak-anaknya.

Jangan sampai anak yang telah dilahirkan dengan nyawa ibu yang dipertaruhkan itu akhirnya menjadi homo ataupun lesbian. Tidak bisa/tidak setuju kaum seperti ini dianggap sebagai bagian dari lingkungan. Mereka adalah mahluk menyimpang. Tidak bisa membuat alasan penerimaan mereka karena rasa kemanusiaan.
Ilmu Psikologi

Psikologi merupakan salah satu dari cabang ilmu yang dapat mempelajari kepribadian dari seseorang dengan sesama manusia lainny. Asal dari psikologi bukanlah mata pelajaran yang ditemukan di tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tentu saja mata kuliah ini dipelajari di bangku perkuliahan nantinya.

Mempelajari ilmu Psikologi dapat diartikan pembelajaran antar manusia lebih dekat. Pengenalan manusia ini sangatlah penting karena bila terjadi sebuah penyimpangan, bisa diarahkan menjadi orang dengan kepribadian yang lebih normal. Bila ilmu psikologi tidak anda pelajari dengan seksama, maka bagaimana bisa mencari sebuah solusi terhadap masalah yang menyangkut pada psikologi manusia. Bukti empiris membuat ahli Psikologi mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan secara ilmiah pada penderita.

Orang-orang yang tidak bisa mengerti dirinya harus diberi bimbingan supaya mereka mampu mengenali dirinya sendiri. Setelah mereka mengerti akan siapa dirinya, mereka bisa mengembangkan diri sendiri. Pengembangan ini akan menjadi sesuatu yang berarti bagi umat manusia.

Bila mereka tersesat didalam diri sendiri, ditakutkan mereka akan menjadi pembunuh yang amat sangat efektif. Apa yang terjadi diAmerika ketika seorang anak melakukan pembunuhan pada orangtuanya sendiri dan beberapa orang disatu sekolahnya, rasanya hal ini cukup untuk memberikan contoh pertolongan kepada orang-orang yang belum mengetahui dirinya sendiri.

Contoh Langkah Pembuatan Makalah psikologi

Pada artikel kali ini admin akan mencoba membahas contoh makalah psikologi kepribadian. Walaupun demikian, Anda juga bisa menerapkan penulisan makalah berikut untuk pembuatan makalah lainnya.

Untuk dapat melakukan penulisan makalah psikologi sendiri, sebenarnya tidak jauh beda dengan dengan penulisan makalah pada umumnya. Bahwa, sebuah makalahpun turut mematuhi penulisan sistematika dengan benar dan tepat. Berikut adalah sistematika dalam penulisan untuk makalah yang benar:

A. Bagian Pendahuluan:

Bagian pendahuluan sebuah makalah harus mencantumkan hal-hal di bawah ini. Sebab, pada bagian pendahuluan akan mengantarkan pembaca ke bagian depan makalah Anda.

Dan berikut adalah tiga hal yang harus ada di bagian pendahuluan:
1. Halaman judul,
Karena ini adalah salah satu contoh makalah psikologi, Anda mungkin dapat menggunakan istilah psikologi sebagai judul dari makalah anda;

2. Kata pengantar, halaman ini berisi kata-kata pengantar dari pengarang ataupun penulis makalah. Layaknya kata pengantar yang biasanya, maka makalah psikologi juga menggunakan kata pengantar. Dan ingat, sebisa mungkin dibubuhi istilah-istilah yang sesuai dengan ilmu yang sedang anda kaji.

3. Daftar isi, halaman ini memuat konten ataupun judul dan subjudul dari makalah Anda.

B. Bagian Isi:

Bagian isi dari makalah juga harus mencantumkan beberapa hal penting, yang berguna bagi pembaca untuk memahami dan mengerti isi dari sajian makalah Anda. Dan selalu ingat bahwa di bagian isi wajib ditulis dengan sistematika. Berikut ini adalah bagian-bagian dari isi makalah, yaitu:

1. Bab I, bab pertama berisi perihal tentang permasalahan apa yang akan Anda kaji sebagai tema. Untuk contoh dari makalah psikologi, mungkin Anda dapat menggunakan permasalahan berikut: “Misteri Kepribadian Ganda”;

2.  Bab II, bab kedua dari isi makalah yaitu perihal metode dan teori kajian yang dapat Anda pergunakan dalam makalah. Untuk metode dan teori kajian, Anda bisa memilih satu dari tiga metode berikut: metode survey ke lapangan; metode pustaka; atau metode campuran pustaka dan survey;

3. Bab III, bab ketiga diisi dengan perihal ulasan dan paparan Anda tentang masalah yang telah Anda angkat. Harus tetap anda ingat bahwa untuk bab 3 ini Anda harus turut memperkuat argument-argument Anda dengan berdasar buku referensi psikologi sejenis supaya paparan Anda tidak diragukan;

4. Bab IV, bab keempat berisi kesimpulan dari permasalah yang Anda anda kaji dalam makalah anda. Usahakan kesimpulan Anda benar-benar telah sampai pada kesimpulan misteri kepribadian ganda, yang meliputi segala aspek.

C. Bagian Penunjang:

Bagian penunjang dari makalah harus juga mencantumkan pendukung isi makalah Anda. Maksudnya, lampirkan beberapa data penambah jika bisa. Dan tentunya Anda juga harus mencantumkan daftar pustaka yang berisi buku referensi apa saja yang Anda gunakan daam penulisan makalah anda.

Demikianlah sajian tentang contoh makalah psikologi kepribadian, yang juga dapat Anda aplikasikan pada contohpembuatan  makalah lainnya. Selamat menulis makalah!



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba