Skip to main content

Contoh Cerpen Singkat tentang Cinta dan Persahabatan

Cerita pendek atau biasa disingkat dengan cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerpen cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibanding dengan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novella dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis. (wikipedia)
Contoh Cerpen Singkat tentang Cinta dan Persahabatan

contoh cerpen persahabatan dan unsur intrinsiknya

Nih admin punya contoh cerpen persahabatan disertai dengan unsur-unsur intrinsik yang terkandung di dalamnya, Cerpen dengan judul "Persahabatan Sunyi" karya Haris Effendi Thahar 

Baca contoh cerpen persahabatan disini

Unsur Intrinsik dalam Contoh Cerpen persahabatan dengan judul "Persahabatan Sunyi"

1. Tema
Tema tentang perjuangan hidup.
2. Latar dan alur
Latar tempat cerita "Kota Jakarta". Menggunakan alur "maju".
3. Tokoh
Tokoh "Lelaki setengah umur dan Bocah perempuan"
4.Watak Tokoh
Lelaki setengah umur 
watak : Penyabar, 
bukti : "meskipun dia tidaksuka diikuti oleh bocah perempuan tersebut. Tapi dia tetap membiarkan bocah perempuan itu berbagi makanan yang dimilikinya"
Bocah Perempuan 
watak : Pemberani, 
Bukti : … Seorang bocah perempuan ingusan yang memegang kerincingan dari kumpulan tutup botol minuman telah melempari anjing itu. Lelaki itu berkacak pinggang enatap bocah perempuan itu dengan tajam. Bocah perempuan itu balas menantang sambil berkacak pinggang.
5. Sudut Pandang
Sudut pandang menggunakan sudut pandang orang ketiga.
6.Gaya Bahasa
majas personifikasi dan metafora
7. Amanat
Amanat yang disampaikan :
a. jangan pantang menyerah dalam menjalani hidup dan mensyukuri atas karunia yang diberikan Tuhan kepadanya.
b. berikanlah kasih sayang kepada makhluk hidup.

contoh cerpen cinta

Buat kalian yang ingin belajar membuat cerpen tentang cinta berikut ini ada satu contoh cerpen cinta yang bisa anda baca dan dijadikan referensi didalam anda menentukan latar, alur tokoh dan lain sebagainya. Semakin banyak anda membaca cerpencinta akan semakin banyak punya ilustrsi-ilustrasi yang anda dapat sebagai bahan pembuatan cerpen.

Baca contoh cerpen cinta disini

Profil Penulis

Nama      : Fatkuryati
Panggilan: Ifat
TTL        : Serang, 15 Juli 1991
Motto      : Bahagia adalah hak semua orang,, mari jemput bahagia itu...
Alamat    : Jln. Ciptayasa Kp/Ds. Linduk rt 07 Rw 01 kecamatan Pontang, Serang-Banten.
Pekerjaan : Mahasiswi 
Hobi         : Merangkai kata-kata puitis, Mendengarkan musik, bersepeda, travelling.
Minat       : Menjadi seorang penulis yang karyanya bisa dibaca banyak orang, menjadi tenaga pendidik, serta menjadi wanita sukses dunia dan akhirat.
E-mail      : siibungsuifat@yahoo.co.id
Facebook : Ifat_91@yahoo.com atau Ifat sii princessbungsu
Twitter     : @IfatSiiprincess

contoh cerpen singkat

Contoh Cerpen Singkat / cerita pendek termasuk tulisan fiksi. pada umumnya cerpen singkat mempunyai panjang kurang dari 10 ribu kata. akan tetapi di beberapa majalah atau surat kabar banyak  mensyaratkan  jumlah kata lebih banyak. Tapi ada juga cerpen  lebih pendek  yang biasa disebut sebagai flash fiction (ff) ataupun cerita mini. Banyak lagi penyebutan lain untuk cerpen singkat ini. Misalnya ada  yang menyebutnya cerpelai,  singkatan dari cerita pendek sekali. Ada  juga yang menamakan dengan  fiksi mini.

Nih admin kasih contoh cerpen singkat silahkan menuju link ini untuk membacanya.

selesai sudah artikel contoh cerpen singkat tentang cinta dan persahabatan, terima kasih banyak sudah berkunjung di blog ContohSimpel semoga kalian menemukan contoh yang sesuai dengan apa yang anda cari. sampai bertemu di contoh simpel lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kata Penutup Terlengkap

7 contoh kata penutup mulai dari kata penutup makalah, laporan perjalan, kliping, proposal, prakerin dan lain sebagainya yang admin kumpulkan dari internet agar mudah pembaca dalam memilih kata penutup yang sedang dicari. Contoh Kata Penutup Makalah lingkungan     Lingkungan yang perlu di lestarikan supaya di peroleh keadaan yang seimbang antara manusia. begitu ba nyak dampak yang di timbulkan jika kita tidak memperhatikan keseimbangan alam yang di gunakan sebagai tempat kehidupan. dampak negatif yang muncul berupa pe nyakit yang merugikan pada manusia seperti pe nyakit pernafasan, di are, kholera, thyphus, dysentri, polio, ascariasis dan lain-lain.     Dampak positif lingkungan terhadap kesehatan memperoleh sumber energi untuk kebutuhan hidup. untuk pencegahan pe nyakit perlu di lakukan sanitasi terhadap lingkungan air, udara dan tanah, khusus nya pengelolaan air minum dan air buangan secara terpadu. Contoh Kata Penutup Makalah Lain nya     Demikian yang dapat kami paparkan

Contoh Drama Komedi 3 orang

Contoh drama komedi , moho maaf contohnya tidak bisa admin berikan dengan bentuk video drama komedi karena segala keterbatasan admin, contoh dramanya kami sajikan dengan skrip dialog antara 3 pemeran. Untuk setting, pakaian dan efek lainnya silahkan kalian eksplore sendiri dengan kemasan yang menarik dan dapat memicu penonton tertawa terbahak-bahak dengan apa yang akan kalian sajikan sebagai hiburan. Kalo untuk sekedar sebagai acuan bagaimana nantinya kalian akan membuat dialog antara pemain mungkin dialog dibawah cukup untuk kalian jadikan sebagai bahan tambahan dalam menciptakan inspirasi buat anda. yuk simak contoh drama komedi berikut ini. Dalam contoh drama komedi berikut ada 3 tokoh yaitu : Wawan   : Ayah Ani         : Ibu Cayit      : putra Wawan dan Ani Cayit     : Ibu kenapà ? Kok diam saja sehàrian ini Ibu        : Kàmu tahu alasàn ibu kenapa?? Cayit    : Iya Ibu        : Ibu pusing mikirin kàmu, kamu udah dewasà bahkan terlàlu dewasa seumuràn kami, ibaràt

contoh hikayat melayu klasik

Sebelumnya sudah pernah admin share tentang contoh karmina yang termasuk dalam golongan satra klasik, kali ini admin akan memberikan contoh mengenai sastraklasik lainnya yaiutu hikayat. Seperti biasa sebelum menuju contoh hikayat melayu klasik ada baiknya kita mengetahui arti dari hikayat itu sendiri. Hikayat adalah salah satu dari bentuk sastra prosa yang be risikan tentang kisah,  dongeng, cerita maupun sejarah. Pada umumnya mengisahkan tentang kepahlawanan atau kehebatan dari seseorang lengkap dengan kesaktian, keanehan dan juga mukjizat dari tokoh utama. Salah satu hikayat yang cukup populer di Riau adalah Yong Dolah. Contoh Hikayat Hang Tuah Hàng Tuah lahir dàri Ibu yang bernamà Dang Merduwati, sementarà Ayahnya bernamà Hang Màhmud. Karena kesulitàn hidupnya, merekà pindah ke Pulau Bintàn, tempat rajà bersemayam, merekà berharap mendapat rezeki disitu. Mereka membukà warung dan hidup seadanyà. Hang Tuàh memiliki temàn yang sangat  beràni diantaranya seperti Hàng Jeba